10 Tempat Wisata di Gresik dan Pulau Bawean

Tempat wisata di Gresik – Kabupaten Gresik dikenal sebagai salah satu daerah industri di Jawa Timur, di sini berdiri beberapa pabrik besar seperti industri semen, petrokimia, dan peralatan elektronik. Namun di balik industrinya tersebut, Kabupaten Gresik mempunyai sejumlah tempat wisata yang menarik untuk Anda singgahi termasuk pulau bawean yang berada 150 km lepas pantai laut jawa. Ingin tahu apa saja tempat wisata di Gresik? Baca selengkapnya di bawah ya.

1. Wisata Bukit Jamur Gresik

Bukit Jamur adalah tempat wisata di Gresik yang cukup unik, karena batuan yang berada di bekas area tambang ini berbentuk seperti jamur raksasa. Bentukan ini bukan dibuat oleh manusia, melainkan terbentuk secara alami akibat terkikis oleh hujan dan angin. Lokasi bukit jamur ini berada di Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik.

2. Gunung Kapur Sekapuk Gresik

Selain bukit jamur, bekas galian tambang di Gresik yang berubah menjadi objek wisata adalah Gunung Kapur Sekapuk. Awalnya Gunung kapur Sekapuk merupakan salah satu perbukitan kapur biasa di wilayah Gresik, namun semenjak digergaji dan dipahat. Bentuk alam gunung ini menjadi berubah. Pahatan dan penggalian yang dilakukan membentuk sebuah arsitektur menarik.

3. Pantai Delegan Gresik

Pantai Delegan, salah satu pantai yang bisa kalian kunjungi di Gresik. Pantai ini terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km. Ombak di Pantai Delegan Gresik ini cukup stabil. Sehingga banyak pengunjung yang sangat menikmati pantai ini dan tidak sedikit diantara mereka yang berenang dipantai.

4. Dynasty Water World Gresik

Dynasty Water World, sebuah tempat wisata terbaru di Gresik yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Tempat yang beralamat di Jalan Rantau 1 No 27-29 ini memyediakan berbagai kolam renang lengkap dengan wahana airnya yang fantastik. Harga tiket Dynasty Water World ini yaitu Rp. 50.000 (Selasa-Jumat) dan Rp. 75.000 (Sabtu-Minggu).

5. Wisata Religi Makam Sunan Giri

Makam Sunan Giri adalah salah satu tempat wisata religi yang ada di Gresik. Lokasinya terletak di Bukit Giri, tepatnya di sebuah desa bernama Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Propinsi Jawa Timur. Seperti yang diketahui bahwa Sunan Giri termasuk salah satu dari sembilan Wali Songo. Beliau memerintah Kerajaan Giri Kedaton dengan Gelar Prabu Satmoto pada tahun 1487-1506 M.

Baca Juga : 20 Tempat Wisata di Manado dan Sulawesi Utara Yang Menarik

Pulau Bawean Gresik

6. Air Terjun Laccar Pulau Bawean

Jika memiliki waktu lama di Gresik tak ada salahnya untuk mengunjungi Pulau Bawean, di sana ada beberapa air terjun yang bisa dikunjungi dan salah satunya adalah Air terjun Laccar, air terjun ini terletak di desa Teluk Dalam, Bawean. Memiliki ketinggian kurang lebih 10 meter.

7. Danau Kastoba Pulau Bawean

Danau Kastoba, sebuah danau di tengah Pulau Bawean dan berada di atas bukit kecamatan tambak. Menuju ke Danau Kastoba bisa dilakukan dengan jalan kaki dengan kondisi jalan setapak sedikit menanjak sejauh kurang lebih 600 meter. Danau ini adalah sebuah lokasi cagar alam yang ada di Pulau Bawean, sehingga harus dijaga kelestariannya.

8. Penangkaran Rusa Bawean

Pulau Bawean memiliki jenis hewan endemik yang tak dapat ditemukan di tempat lain, hewan tersebut adalah Rusa Bawean (Axis kuhlii). Spesies ini tergolong langka dan diklasifikasikan sebagai “terancam punah”. Jumlah populasinya yang terus menurun membuat rusa jenis ini ditangkarkan oleh seorang warga di perbukitan di Kecamatan Sangkapura.

9. Pulau Gili Nokoh

Jika Anda ke Pulau Bawean, Pulau Gili Nokoh ini tidak boleh dilewatkan, karena di sini Anda dapat menemukan hamparan pantai berpasir putih yang indah sepanjang kurang lebih 1 kilometer. Pulau Noko ini bersebelahan dengan Pulau Gili, Air lautnya yang jernih akan menggoda anda untuk berenang. Untuk menuju ke Pulau Noko bisa menggunakan perahu dari Pulau Bawean dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

10. Tanjung Gaang

Tanjung Gaang adalah salah satu spot wisata di Pulau Bawean, berupa hamparan batu karang luas di atas laut jernih berwarna biru. Menuju ke Tanjung Gaang bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan jalur darat dan laut, namun lebih mudah dengan menggunakan perahu melalui jalur laut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *