6 Tempat Menarik Untuk Wisata di Solo – Wisata Solo

Tempat wisata di Solo – Kota Solo atau yang dikenal juga dengan Surakarta adalah wilayah otonom dengan status kota di bawah provinsi Jawa Tengah. Kota ini memiliki slogan “Spirit of Java” sebagai upaya pencitraan kota Solo sebagai pusat kebudayaan Jawa.

1. Spoor Kluthuk Jaladara

Sepur Kluthuk Jaladara merupakan kereta uap wisata buatan Jerman yang menjadi ikon Kota Solo. Kereta tua ini berusia ratusan tahun dan sudah melintasi Kota Solo sejak tahun 2009. Sebagai kereta wisata, Spoor Kluthuk Jaladara melayani perjalanan dari Stasiun Purwosari hingga Stasiun Sangkrah melintasi Jl Slamet Riyadi dan singgah beberapa saat di Kampung Kauman, Loji Gandrung, Gladak.

2. Taman Balekambang

Taman Balekambang adalah sebuah taman publik yang terletak di kota Solo, Jawa Tengah. Taman ini cukup luas dengan beberapa jenis hewan seperti Angsa dan Rusa yang dibiarkan membaur dengan para pengunjung. Selain itu Ada juga sebuah danau buatan yang cukup luas sebagai tempat wahana air, seperti Bebek-bebekan, rakit, dan perahu motor.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Gresik dan Pulau Bawean

3. Bis Tingkat Werkudara

Selain berkeliling Kota Solo dengan Sepur Kluthuk wisatawan juga bisa naik bis tingkat werkudara. Bis tingkat werkudara ini diluncurkan sejak April 2009 dan menjadi ikon baru Kota Solo. Biaya sekali jalan untuk mengelilingi Kota Solo dengan bis tingkat werkudara ini adalah Rp. 20.000 selama kurang lebih 2,5 jam pada hari Sabtu, Minggu dan libur sekolah.

4. Museum Batik Kuno Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi bisa menjadi pilihan untuk anda yang ingin menambah pengetahuan mengenai batik. Museum yang terletak di Jalan Slamet Riyadi 261, Kota Surakarta ini memiliki puluhan ribu helai kain batik yang berasal dari periode dan pengaruh kultur serta lingkungan yang berbeda-beda.

5. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran berada di Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Tempat ini, selain menjadi obyek wisata juga sebagai kediaman Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunagara. Pura Mangkunegaran dibangun pada tahun 1757 dan keseluruhan bangunannya terbuat dari kayu jati.

6. Keraton Kasunanan

Keraton Kasunanan merupakan salah satu objek wisata utama di Surakarta. Secara umum Keraton Kasunanan Surakarta ini terbagi menjadi dua bagian yaitu di sebelah Barat dan di sebelah Timur. Di sebelah Barat pengunjung akan melihat beberapa bangunan utama keraton sedangkan di sebelah Timur bisa melihat beberapa koleksi peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *