Tanah Lot Bali

7 Hal Menarik yang Dapat Kamu Lakukan di Tanah Lot Bali

7 Hal Menarik yang Dapat Kamu Lakukan di Tanah Lot Bali – Pulau Bali mempunyai tujuan wisata yang bermacam, dimulai dari wisata alam, budaya, religius, sampai kuliner. Dengan rekam jejak yang telah go-international, Bali sering jadi opsi tempat liburan, bagus untuk wisatawan lokal atau asing, terhitung bekas Presiden Amerika Serikat Barrack Obama dan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Kerajaan Arab Saudi. Menariknya, dari beberapa object wisata di Bali, ke-2 orang terpenting itu rupanya masukkan Tanah Lot ke dalam daftar tempat wisata yang didatangi saat berkunjung Pulau Dewata.

Siapakah yang tidak mengenal dengan Tanah Lot? Kehadiran pura yang berada di atas batu karang besar jadi icon yang dipunyai dari Tanah Lot. Salah satunya lokasi wisata terpopuler di Bali ini telah seperti magnet yang tetap menarik wisatawan untuk berkunjung Bali. Tidak sekedar hanya menyajikan daya magnet wisata alam di Tanah Lot, mengulas tempat suci umat Hindu ini tidak lepas dari nilai-nilai budaya dan religius.

Lebih dari itu, Tanah Lot tawarkan beragam pertunjukan dan kegiatan menarik untuk memperbaiki berliburmu . Maka, bila merencanakan berlibur kesini, pastikanlah kamu tidak melewati beberapa hal menarik berikut:

Berkunjung “pulau karang” yang indah

Tanah Lot sebagai tempat beribadah umat Hindu yang berada di atas sebuah batu karang besar. Untuk dapat menyaksikan keindahan Pura Mulia Tanah Lot, kamu dapat jalan kaki saat air sedang kering. Tetapi, saat air pasang, jalan itu akan tertutup air hingga membuat Tanah Lot seperti terlihat sebuah pulau karang yang indah di tengah-tengah laut dari terlalu jauh.

Di atas “pulau karang” itu, berdiri dua pura yang ada di dua lokasi berlainan. Satu pura yang dikenali dengan Pura Mulia Tanah Lot berada di atas bongkahan batu karang besar. Pura ini dibuat untuk menyembah Tuhan, yakni Dewa Laut untuk meminta keselamatan dan kesejahteraan dunia, dan kesetimbangan di antara laut dan bumi. Di samping baratnya, ada Pura Batu Berlubang yang berada di atas tebing yang menjuru ke laut. Pura ini dipakai umat Hindu untuk melangsungkan upacara Melasti atau upacara keagamaan yang lain.

Maka bila ingin menyaksikan keindahan pura, sebaiknya kamu tiba pada sore hari, saat air laut sedang kering. Selain itu, ada beberapa ketentuan yang perlu kamu hargai. Pura ini cuma bisa dimasuki oleh umat Hindu yang ingin melaksanakan ibadah, hingga pengunjung yang beragama non-Hindu cuma dapat berkeliling-keliling di sekitar pekarangan pura saja. Janganlah lupa untuk kenakan pakaian yang santun saat akan masuk kesini.

Berkunjung Gua Ular Suci

Selainnya “pulau karang” yang cantik, ada beberapa gua kecil. Satu diantaranya, Gua Ular Suci yang simpan ular-ular yang dipercaya sebagai penjaga pura. Ular yang berada di sini yaitu tipe ular laut dengan kulit belang putih hitam, berbuntut putih, dan berbisa.

Walau termasuk tipe ular beresiko, kamu dibolehkan untuk menggenggam ular-ular itu. Kamu dapat berpose bersama ular suci sekalian didampingi pawang cukup dengan bayar secara suka-rela pada suatu kotak yang sudah dipersiapkan.

Berkunjung Gua Air Suci

Pas di muka Gua Ular Suci, ada Gua Air Suci yang menyalurkan mata air yang dari tengah laut. Gua sumber air tawar yang disebutkan Tirta Pabersihan ini sekarang jadi air suci yang dikeramatkan. Selainnya dipakai untuk kepentingan beribadah umat Hindu, wisatawan dibolehkan untuk dapat minum air suci itu atau sekeadar membersihkan tangan dan muka.

Saat air diminum, rasanya benar-benar fresh dan tidak ada rasa asin sedikit juga. Warga juga yakin jika minum air suci itu dapat memberi banyak manfaat, seperti mengobati semua jenis penyakit dan tingkatkan kesuburan pasangan suami-istri.

Berkunjung pura suci di sekitar area Tanah Lot BaliĀ 

Tanah Lot tidak cuma mempunyai 2 buah pura. Selainnya Pura Mulia Tanah Lot dan Pura Batu Berlubang, ada pula beberapa pura suci yang lain lokasinya ada di sekitar object wisata ini. Berpura-pura suci itu dapat kamu telusuri satu demi satu karena terletak sama-sama bersisihan. Menariknya kembali, beragam pura itu mempunyai peranan yang berbeda. Berikut penjelasannya:

  • Pura Jero Kandang: Tempat untuk meminta pelindungan untuk ternak dan tanaman pertanian dari semua penyakit
  • Pura Enjung Galuh (bersisihan dengan Pura Jero Kandan): Tempat untuk penyembahan Dewi Sri, dewi kesuburan tanah
  • Pura Penataran (berada di samping utara Pura Tanah Lot Bali): Tempat untuk menyembah Tuhan supaya mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan
  • Pura Batu Mejan atau dikenali juga dengan Pura Beji: Tempat untuk memperoleh Tirtha Penglukatan, mata air suci yang dipercaya bisa menyucikan segala hal dari karakter negatif
  • Pura Pekedungan (pura pusat kemakmuran): Tempat Dang Hyang Nirartha lakukan meditasi dan umat Hindu melakukan persembahan
  • Pura Penyawang (berada disebelah barat Pura Penataran: Tempat alternative untuk sembahyang di saat air pasang tutup jalan ke arah Pura Mulia Tanah Lot.

Melihat upacara keagamaan

Tanah Lot sebagai lokasi wisata buat kamu yang ingin melihat langsung beragam upacara keagamaan umat Hindu. Satu diantaranya, upacara keagamaan Piodalan (hari kejadian pura) yang selalu dikerjakan tiap 210 hari sekali menurut kalender Saka atau empat hari sesudah hari raya Kuningan.

Maka untunglah kamu jika berkunjung Tanah Lot Bali pas di hari perayaan itu. Menyaksikan iringan umat Hindu bawa sesajen secara teratur dan khusyuk ke arah pura, momen sembahyang bersama, pasti menambahkan pengalaman baru yang terkesan.

Menikmati momen sunset paling indah

Daya tarik lain dari Tanah Lot Bali ialah mempunyai lokasi terbaik untuk melihat matahari tenggelam. Banyak wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam itu mendekati sore hari, hingga tempat wisata ini jadi lebih penuh. Sinar merah keemasan dengan lembayung ungu yang menerangi pura tentu saja bisa memberi pemandangan eksotik yang romantis untuk tutup harimu dengan prima.

Bila kamu ingin menunjukkan keelokangolden sunsetdi sini, hadirlah sekitar jam 17:00. Waktu ini dipandang pas buat kamu dapat memperoleh status terbaik menikmatisunsetdari awalnya sampai akhir. Sesudah momen matahari tenggelam usai, janganlah lekas cepat-cepat pulang. Coba melihat atraksi Kecak Dance Fire Show di Taman Budaya Surya Mandala, yang berada di samping barat Pura Batu Berlubang atau samping Restaurant Melasti. Untuk melihat atraksi ini, kamu harus keluarkan dana ticket sejumlah Rp50.000 per-orang.

Memburu photo dan bermain air laut

Mendokumentasikan momen kegiatan ialah satu perihal yang selalu dilaksanakan banyak wisatawan. Kamu yang menyenangi fotografi dapat ambil banyak gambar dari object menarik di sini, dimulai dari panorama alam, eksotisme pura sampai daya tarik pantai yang paling cantik untuk ditampilkan ke rekan atau lewat account sosial media.

Sambil seberang ke kawasan pura, kamu bisa juga bermain air di sekitar pantai. Ketika bermain air, yakinkan tidak untuk melalui pertanda batasan beresiko berbentuk tali merah yang berada di beberapa titik di tepi pantai. Peringatan ini penting untuk menahan resiko lenyap ditembus ombak. Disamping itu, yakinkan juga selalu untuk waspada karena banyak batu karang yang licin karena tertutup lumut dan rumput laut.

Berminat untuk mengeksplor keindahan pura dan alam Tanah Lot? Silahkan tiba ke Dusun Braban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Sekarang ini, Tanah Lot dapat kamu datangi tiap hari jam 07:00 – 19:00. Harga ticket diperbedakan untuk wisatawan lokal dan luar negeri. Ticket lokal untuk dewasa dan anak-anak dipasarkan Rp20.000 per-orang dan Rp15.000 per anak. Dalam pada itu, wisatawan luar negeri dikenai harga ticket sejumlah Rp60.000 per-orang dan Rp30.000 untuk tiap anak.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *