Keindahan Pulau Bunaken

Keindahan Pulau Bunaken

Keindahan Pulau Bunaken – Kecantikan alam bawah laut pulau yang ini selalu membuat pelancong dari beragam dunia berdecak takjub. Kaya biota laut jadi pemicu kenapa pulau ini seperti sichir untuk beberapa pelancong yang silih ganti tiba. Terumbu karang yang terbangun.

Tipe ikan elok bermacam warna, benar-benar mudah diketemukan di pulau yang ada di daerah Sulawesi Utara ini. Pulau ini namanya Pulau Bunaken, satu diantara 4 pulau di Taman Nasional Bunaken yang go-international. Berikut ini adalah artikel selengkapnya dari alltempatwisata mari kita simak.

Pulau Bunaken berada di Teluk Manado berdekatan dengan Pulau Manado Tua, Pulau Siladen dan Pulau Mantihage. Secara administratif, pulau yang mempunyai luas capai sekitaran 8000 hektar ini masuk ke daerah Kota Manado.Ke arah Pulau Bunaken, pelancong dapat tiba ke dermaga Kota Manado atau Dermaga Marina yang cuma memiliki jarak 10 menit dari pusat perkotaan. Di dermaga ini lebih banyak perahu dan beberapa kapal cepat yang siap menolong pelancong untuk sampai ke Pulau Bunaken. Ongkos sewa perahu sekitar di antara Rp900.000-Rp2.500.000. Harga ini bergantung dengan besarnya perahu yang dipakai.

Perjalanan seterusnya cuma memerlukan waktu 30 menit untuk datang di pulau yang sudah jadi kebanggaan Indonesia ini. Pelabuhan dibuat dari kayu yang memanjang sampai 200 mtr., jadi jalan untuk pelancong saat sebelum menjejakkan kaki dan masuk lebih dalam ke Pulau Bunaken. Kemudian, pantai dengan bentangan pasir putih kehitaman jadi panorama yang terhidang di sini. Terlihat juga perahu-perahu nelayan dan perahu pengangkut pelancong berjejer rapi seolah jadi daya magnet lain dari pulau ini.

Telusuri Lebih ke kembali ada monumen yang mempunyai wujud Pulau Bunaken yang memanjang. Banyak pelancong yang kelihatan mendokumentasikan diri untuk photo bersama dengan monumen yang ini.

Jalanan di pinggiran pantai jadi kegiatan yang membahagiakan saat sebelum masuk ke air laut yang biru. Menyaksikan pembikinan kapal atau menyaksikan aktivitas nelayan yang gotong-royong menggerakkan perahu ke laut sebagai panorama yang dapat dilihat saat bertandang kesini.

Di bagian pinggir ini banyak juga sarana pemondokan dengan tingkat internasional, pelancong tinggal pilih mana pemondokan yang hendak dituju. Terletak juga bermacam, ada yang di bagian pinggir ada yang ada di atas bukit.

Surganya Perairan

Jernihnya air laut di perairan Bunaken memungkinkannya Sahabat Daya tarik bisa menyaksikan secara jelas macam biota laut yang berada di dalamnya. Ada 13 tipe terumbu karang yang dikuasai oleh beberapa tebing karang. Panorama yang paling menarik ialah terumbu karang terjal vertikal sedalam 25-50 mtr.. Panorama dalam laut juga makin meriah dengan kedatangan 91 tipe ikan yang diketemukan di Taman Laut Bunaken, salah satunya Ikan Kuda Gusimi (Hippocampus), White Oci (Seriola rivoliana), Lolosi Ekor Kuning (Lutjanus kasmira), Goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), Ila Gasi (Scolopsis bilineatus) dan tipe ikan yang lain. Saat menyelam, Sahabat Daya tarik akan mendapati beberapa macam moluska seperti Giant Kima (Tridacna gigas), Kambing Kepala (Cassis cornuta), Nautilus (Nautilus pompillius) dan Tunikates atau Ascidian.

Akses Menuju Ke Bunaken

Pulau Bunaken bisa dicapai dengan mudah memakai perahu motor dari Manado. Sahabat Daya tarik bisa pergi dari dermaga Manado, Molas, Kalasey, dan Pantai Tasik Riang. Kapal Feri dari Manado ke Bunaken pergi tiap hari sekitaran jam 14:00 (bergantung ombak), terkecuali di hari Minggu yang umum pergi dari Pasar Jengki dekat dermaga Manado. Untuk perjalanan kembali pulang ke Manado, umumnya kapal pergi pagi sekitaran jam 07.00 atau 08.00 waktu di tempat. Ada juga kapal sewaan yang pergi pagi hari dan pulang mendekati sore hari sebagai alternative kendaraan. Tetapi, umumnya kapal ini disiapkan sebagai paket rekreasi yang diatur oleh hotel atau biro travel.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *