Kepulauan Widi, Keindahan Surga Tersembunyi di Maluku Utara

Kepulauan Widi, Keindahan Surga Tersembunyi di Maluku Utara – Saat masuk pulau ini, ketakjuban akan keindahan laut dan alam beberapa pulau ini ada. Laut yang bersih dan ikan karang bermain di selang karang kelihatan terang di atas perahu. Perahu selanjutnya ditujukan masuk ke sebuah ‘danau laut’ warna hijau tosca dikitari tumbuhan mangrove yang lebat di atas pasir putih yang membentang mengelillingi pulau. Kadang-kadang kelihatan hiu bermain bersama-sama di antara karang dan padang lamun.

Senang berputar-putar di di danau laut yang menarik itu, perahu selanjutnya keluar lewat selat kecil yang segi kiri kanannya tumbuh mangrove bersisihan sama-sama menekan. Bukan hanya banyak mangrove, ada pinus dan bermacam pohon-pohonan ciri khas pulau karang.

Kami selanjutnya melanjutnya perjalanan menuju Pulau Daga Kecil. Pulau ini keelokannya menghipnotis siapa yang bertandang. Orisinalitas alamnya baik darat dan laut seperti surga terselinap.

Di sini pada tahun 2018 lalu, sempat dibuat beberapa sarana wisata. Seperti beberapa rumah pentas komplet dengan sarananya. Terhitung beberapa gazebo di atas laut. Sarana ini dibuat saat diadakannya acara memancing tingkat dunia bergelar Widi International Fishing Turnamen (WIFT). Mendatangkan beberapa pemicu dari Indonesia dan beberapa negara tetangga. Sayang sesudah acara itu, beragam sarana itu hancur tidak terawat.

Selainnya jadi destinasi wisata berkualitas dunia, Kepulauan Widi jadi sumber khusus mata pencarian masyarakat lokal. Perairan laut yang jernih dan kaya ikan membuat beberapa orang gantungkan hidup sebagai nelayan. Dari beberapa puluh pulau kecil di Kepulauan Widi, cuman satu yang memiliki penghuni, yaitu Pulau Daga. Penghuninya juga tidak banyak, ada 11 kepala keluarga, keseluruhan penghuni pulau banyaknya cuma beberapa puluh orang.

Mereka menempati beberapa rumah pentas kayu disekitaran pelabuhan pulau. Umumnya mereka siap memuat wisatawan yang akan menginap. Pulau ini belum mempunyai sarana pendukung pariwisata, bila ingin bersnorkeling atau diving dianjurkan bawa perlengkapannya dari rumah. Banyak kegiatan wisata yang dapat dilaksanakan di pulau ini, dimulai dari memancing, snorkeling, atau diving.

Untuk Anda yang menyukai akan situasi pantai yang sunyi dan panorama laut yang cantik, Kepulauan Widi jadi destinasi wisata yang pas untuk Anda datangi. Apa lagi kepulauan ini diperlengkapi dengan danau air tawar yang jadi tujuan wisata untuk Anda yang suka berpetualang. Saat di Widi, Anda akan disajikan kicauan burung Maleu yang jinak dan berakhir lalang di pantai dan semak-semak.

Baca Juga : Wisata Pulau Kakaban, Rumah Para Ubur Ubur Jinak dan Lucu

Cara untuk menuju ke Kepulauan Widi

Pertama Anda bisa berangkat dari Ternate memakai kapal di Dermaga Bastiong menuju Pulau Saketa. Perjalanan ini memerlukan waktu sekitaran lima jam. Kemudian, Anda bisa menumpang kendaraan beroda 2 menuju Kecamatan Gane Timur. perjalanan bersambung kembali dengan memakai kapal cepat menuju ke Pulau Daga. Sesudah sekitaran dua jam, baru Anda akan sampai di Pulau Widi.

Rute ke-2 , Anda bisa naik kapal dengan rute Ternate-Babang (Bacan). Kemudian dari Pasar Baru Babang, menumpang kapal nelayan atau kapal cepat menuju Gane Dalam. Perjalanan diteruskan menuju Dusun gane Luar, kemudian naik perahu menuju Pulau Widi.

Langkah Ke-3 , Anda dapat menumpang kapal cepat dari Kota Baru ke Sofifi, Tidore sepanjang 45 menit. Kemudian tempuh perjalanan darat ke Matuting, Gane Timur sepanjang kurang lebih empat jam. Turun di Matuting, Anda dapat sewa perahu nelayan untuk melaut ke Pulau Widi. Perjalanan itu akan memerlukan waktu sekitaran empat jam. Keseluruhan waktu perjalanan memang cukup banyak. Tetapi, panorama yang cantik akan bayar lunas rasa capek Anda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *