Gunung Prau

Menikmati Keindahan Gunung Prau di Dieng

Menikmati Keindahan Gunung Prau di Dieng – Gunung Prau Dieng. Lekuk bukit-bukit berjejer di puncak Prau menganakemaskan mata siapa yang melihat. Apa lagi dimusim penghujan, warna Hijau segar dengan selang seling bunga Daisy di bawah lindungan langit biru dengan bentangan awan membentang menyelimutinya horizon dan dataran dibawahnya hingga seakan-akan kita sedang ada di negeri atas awan.

Gunung Prau ini berada di Propinsi Jawa tengah persisnya di Pegunungan Dieng, Gunung Prau sendiri mempunyai lokasi yang unik karena memiliki bentuk yang memanjang seperti wujud perahu hingga membuat gunung ini ada di daerah 5 kabupaten, yakni Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Tangkai, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Temanggung. Ini kali kita akan mengulas beberapa kekhasan dari Gunung Prau dan mistis dibalik keindahannya :

Pada musim kemarau, Prau tidak kehilangan daya tariknya. Langit malam dipucuk prau yang disanggupi berkilau bintang, belum kembali silver Sunrise dengan background pegunungan disekelilingnya membuat situasi melankolis dan damai. Kombinasi romantis di antara Sinar dan Hijau Alam Pegunungan.

Letak dan Lokasi Gunung Prau

Gunung Prau ada di ketinggian 2565 mdpl, Secara administratif Gunung Prau masuk daerah beberapa Kabupaten sekalian. daerah Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Tangkai dan Kabupaten Kendal. Sedang secara Astronomis Gunung ini berada pada koordinat 7° 11′ 13″ LS, 109° 55′ 22″ BT.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Wujud Gunung Prau yang memanjang mencakup beberapa Daerah Kabupaten memungkinkan Gunung ini untuk dilakukan lewat beberapa Alternative Jalur Pendakian. Melalui Jalur utara, anda dapat lewat Kabupaten Kendal, Seumpama dari Dusun Darurat Gunung, Dusun Balong, Dusun Kenjuran yang ada di Kecamatan Sukoreja. Jarak menempuh perjalanan mendaki melalui jalur Utara lebih kurang memerlukan waktu 6 Jam.

Gunung Prau benar-benar pas untuk pendaki pemula karena mempunyai ketinggian sedang yang bisa didaki cuma dalam kurun waktu 3-4 jam perjalanan bergantung kemampuan dan fisik beberapa pendaki sampai hingga titik puncak Gunung Prau, trek nya juga termasuk relatif gampang serta lebih rileks. Sekarang ini gunung Prau memiliki 6 jalur pendakian yaitu lewat Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon (Dwarawati), Campurejo, dan Wates.

Alternative lain pendakian dapat dilaksanakan lewat Jalur selatan, yakni melalui Daratan Tinggi Dieng atau Dusun Patak Banteng. Durasi waktu perjalanan lewat jalur ini lebih singkat, yakni memerlukan waktu sekitar 2-3 Jam perjalanan.

Baca Juga : Wisata Pantai Ora, Kepingan Surga Dari Maluku Tengah

Habitat dan Ekosistem di Gunung Prau

Di Gunung Prau ada banyak hewan sangat jarang dan unik yang terhitung Fauna epidemik Jawa seperti bintang Owa Jawa atau Hylobates moloch, Macan Kumbang -Panthera pardus melas, Sigung Jawa -Mydaus javanensis, Rusa -Cervus timorensis, Dan ada burung Elang Jawa – Nisaetus bartelsi.

Bahkan juga di gunung ini sempat juga dijumpai tapak jejak binatang yang serupa tapak jejak Harimau Jawa -Panthera tigris sondaica.

Dan kekayaan Flora yang dipunyai Gunung Prau salah satunya seperti Bunga Nepenthes gymnamphora atau kantong Semar, Anaphalis javanica Anaphalis maxima atau yang lebih dikenali bernama Bunga eidhelweis, Bunga Daisy yang mempunyai nama latin Bellis perennis dan beberapa spesies anggrek yang banyak melekat di pohon-pohonan.

Bukit Teletubies Gunung Prau

Diberi nama bukit teletubies karena lekuk bukit ini serupa seting acara tv untuk anak-anak Teletubies, menguasai warna hijau fresh pada bukit bukit yang menyembul kelihatan benar-benar mengasikan untuk bermain dan berfoto

Taman Bunga di Puncak Prau

Pada musim menjelang kemarau, Bunga Daisy yang banyak tumbuh di gunung prau mulai bermekaran. padang hijau yang semula cuma berbentuk rumput-rumputan dan semak juga beralih menjadi lautan bunga Daisy

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *