Pesona Danau Tondano di Sulawesi Utara

Danau Tondano

Danau Tondano Sulawesi Utara – Apa yang Anda pikirkan jikalau mendengar kata danau? Bagi beberapa orang, mendengar kata danau akan lantas mengingatkan kita pada danau Toba yang tersohor itu. Kecuali sebab kisah dibaliknya yang masih diingat, danau Toba memang menawarkan panorama yang cantik. Nah kali ini, Anda dapat mengamati Danau Tondano. Danau yang disebut sebagai danau terluas di Minahasa, Sulawesi Utara. Anda dapat menciptakan danau ini sebagai obyek tamasya dikala tamasya dan memerlukan suasana menenangkan alltempatwisata.com.

Danau Tondano sendiri juga menjadi danau yang dilengkapi panorama menawan. Ada tiga gunung dan satu bukit yang mengelilingi di zona sekitar danau. Mulai dari Gunung Lembean, Gunung Kaweng, Gunung Masarang dan Bukit Tampusu. Sementara satu yang kelihatan terang ialah Gunung Kaweang yang kelihatan membumbung tinggi dari tepi danau.

Baca Juga : Berbagai Tempat Wisata Horror Di Kuningan

Legenda Danau Tondano

Para pelancong yang datang ke Danau Tondano dan hobby memancing tentu akan suka danau ini. Karena di bibir danau para pengunjung dapat memancing yang mana mereka dapat menemukan banyak ikan tawar. Disini familiar dengan ikan mujair dan sepat. Luas dari danau sekitar 4000 hektar. Sementara air yang ada di danau ini difungsikan supaya dapat menyuplai keperluan air dari masyarakat sekitar.

Lazimnya di tepian danau juga ada tambak-tambak para nelayan yang telah tertata rapi supaya ikan tak keluar. Pun Anda dapat menikmati kesegaran padahal di siang hari. Tidak heran jikalau sebagian penginapan disini dilengkapi dengan panorama lantas yang menghadap danau. Penginapan ini bahkan mulai ada semenjak tahun 90an yang mana kini tamasya alam ini ramai dikunjungi pelancong lokal maupun mancanegara.

Tahukah Anda bahwa Danau Tondano ini terwujud dari letusan gunung yang mempunyai kisah romansa dua kekasih yang dulunya tidak diridhoi. Konon, sepasang kekasih ini melarikan diri dan masuk ke dalam hutan yang ada di Wilayah Gunung Kaweng.

Sebab mereka melanggar larangan menikah alhasil Gunung Kaweng meletus dan menyebabkan adanya kubangan besar. Dari kubangan inilah Danau Tondano terwujud sampai kini.

Danau Terluas di Sulawesi

Danau Tondano disebut sebagai danau terluas yang mempunyai luas 4.278 hektar. Ukurannya sekitar 5 km x 11 km. Sementara ketinggiannya ialah 684 mdpl. Tidak heran jikalau di danau ini Anda akan menikmati suasana dan udara yang adem. Pun panorama perbukitan hijau yang ada di sekitarnya juga semacam itu diinati pelancong. Danau ini juga menjadi andalan untuk warga sekitar terpenting di Sulawesi Utara sesudah destinasi Taman Nasional Bunaken.

Masyarakat setempat juga memanfaatkan Danau ini sebagai danau yang menciptakan ikan air tawar seperti ikan gabus, ikan mujaer, lobster air tawar, ikan tawes dan ikan gurame. Karenanya dari itu, Anda dapat leluasa melaksanakan kegiatan memancing di Danau ini.

Tidak cuma itu saja, di Danau Tondano, Anda dapat menemukan pula kecil yang letaknya berada di tengah melainkan juga agak menyamping. Nama pulau ini ialah Pulau Likri dengan ukuran 100 m x 30 m. Uniknya, Pulau Likri mirip dengan segumpal rumput yang mengembang di komponen tengah danau. Anda dapat menyewa perahu untuk merasakan estetika Gunung Kaweng yang diwarnai dengan pohon-pohon hijau.

Lokasi Danau

Lokasi Danau berada di dua kabupaten yang ada di Sulawesi Utara merupakan Kabupaten Tomohon dan juga Kabupaten Kawangke. Tepatnya berada di Desa Remboken merupakan sekitar 3 km dari kota Tomohon atau 30 km dari manado. Danau ini mempunyai ketinggian 600 mdpl. Luasnya sekitar 4.278 hektare dan menjadi danau terluas yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *