Pulau Derawan, Keindahan Pulau Surga di Kalimantan Timur

Keindahan Pantai Tanjung Pesona

Pulau Derawan, Keindahan Pulau Surga di Kalimantan Timur – Tidak dapat dipungkiri apabila Indonesia itu lebih indah apabila kalian berkunjung ke luar Jawa. Banyak sekali pesona Indonesia yang terletak di luar pulau ini, salah satunya terletak di Kalimantan Timur. Kalimantan Timur memiliki bermacam berbagai pulau yang indah dan mempesona hati.

Berbagai macam flora, fauna dan pemandangan menarik bisa ditemui di wilayah ini. Salah satu destinasi wisata yang menyuguhkan pesona alam luar biasa merupakan Pulau Derawan. Pulau yang terletak di ujung Kalimantan ini diketahui selaku surga tersembunyi. Lalu apa saja keindahannya? Daripada penasaran berikut pembahasan detailnya.

Tentang Pulau Derawan

Pada tahun 2005 pemerintah berupaya mendaftarkan kawasan ini ke Unesco selaku salah satu web peninggalan dunia. Tempat ini menemukan julukan sebagi Pristine Island ialah tempat yang keasriannya masih terpelihara, sehingga banyak wisatawan yang tiba berbondong- bondong ke tempat ini, baik wisatawan mancanegara serta pula nusantara.

Awal mulanya desa ini merupakan desa administratif, setelah itu diganti jadi konsep desa wisata dengan menuntut para penduduk supaya sadar serta ingin melindungi kebersihan. Dengan terjaganya kebersihan dan kelestarian alam, tempat ini tentu turut terpelihara sehingga Pantai Derawan masih senantiasa natural dari masa ke masa. Perihal ini juga tidak nyana ikut melindungi sejarah pulau yang tidak hendak terlupakan.

Baca Juga : Pulau Morotai, Keindahan Pulau Mutiara di Bibir Pasifik Indonesia

Daya Tarik yang Dipunyai Pulau Derawan

Lokasinya yang terletak di ujung Kalimantan serta di tengah laut membuat pulau ini masih terpelihara keasliannya. Walaupun begitu, banyak wisatawan yang terencana tiba ke Pulau Derawan buat menghabiskan waktu liburan ataupun hanya bersantai sembari menikmati keindahan pantai, alam dekat, serta lain sebagainya.

Salah satu daya tarik utama pulau yang satu ini merupakan pesona dasar lautnya. Terumbu karang di Pulau Derawan ini sangat melimpah. Ada bermacam tipe terumbu karang yang hidup di dasar laut ini. Apalagi kekayaan terumbu karang ini digadang gadang jadi yang sangat indah sehabis Kepulauan Raja Ampat.

Pasti saja perihal ini meyakinkan kalau pesona alam bahari di pantai ini tidak dapat diragukan lagi. Dengan kekayaan terumbu karang serta area yang masih natural membuat pulai ini jadi catatan tujuan wisata untuk wisatawan lokal ataupun mancanegara. Kekayaan dasar laut ini pula jadi surganya para penyelam serta pecinta alam buat menyalurkan hobi petualang mereka.

Bila Kamu masih heran mengapa pulau ini jadi destinasi kesukaan turis, perihal itu sebab ada beberapa jenis terumbu karang. Jenis ini dibedakan jadi 3 bagian ialah karang penghalang, karang tepi, serta atol. Bermacam berbagai jenis karang hidup ini membuat bermacam spesies yang hidup di dasar lautnya menggapai angka 1. 051 spesies bagi survei yang sudah dicoba.

Tidak menyudahi hingga disana saja, keindahan laut yang terdapat di pulau ini pula terdapat pada dekat pantai. Karena ada hutan bakau ataupun diketahui dengan istilah mangrove di Pulau Derawan. Keberadaan mangrove pula berfungsi selaku abrasi ataupun terdapatnya pengikisan oleh air laut di wilayah pantai serta daratan sehingga ekosistem pulau hendak terpelihara.

Tidak hanya hutan bakau yang begitu menawan, terdapat pula padang lamun di segala kawasan pantai pulau ini. Padang lamun yang terdapat di pulau ini dapat ditemui dengan keadaan yang berbeda beda dengan rata rata luas tutupan mulai dari 10 persen sampai menggapai 80 persen. Ekosistem tersebut pula sangat berarti buat ekologi serta ekonomi dekat Pulau cantik ini.

Kala terletak di Pulau yang terdapat di Ujung Kalimantan Timur ini, Kamu hendak disuguhi dengan padang lamun luas yang banyak berkembang di dekat pantai, misalnya Thalassia hemprichii serta Halophila Ovalis. Tidak hanya 2 tipe tersebut masih terdapat 4 spesies lamun yang lain yang terletak di sekitar pulau semacam Cymodocea rotundata, Halodule uninervis, Halodule pinifolia, serta Syringodium isoetifolium

Tidak menyudahi hingga disana saja, masih banyak potensi alam yang bisa Kamu nikmati kala terletak di Pulau Derawan. Kawasan yang masih sangat natural, pula digunakan selaku tempat konservasi untuk spesies langka semacam penyu hijau dan ketam kelapa, penyu sisik, dugong sampai lumba lumba terdapat di pulau indah ini.

Alamat, Rute dan Lokasi

Kawasan ini terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdapat beberapa metode yang dapat dicoba wisatawan buat mnencapai objek wisata ini, dapat lewat jalur hawa serta pula dapat lewat jalur darat. Namun saat sebelum merambah kedua jalur ini satu metode harus yang wajib ditempuh merupakan masuk ke daerah Balikpapan.

Balikpapan merupakan pintu gerbang utama menuju ke suatu surga di daerah Kalimantan timur. Menuju Balikpapan dapat memakai pesawat dari Jakarta ataupun pula dapat memakai kapal laut dari Surabaya. Dengan waktu tempuh berbeda- beda. Dapat pula melaksanakan penerbangan menuju Samarinda. Namun, penerbangan menuju Samarinda merupakan opsi yang tidak bisa jadi diseleksi lantaran tidak terdapat maskapai langsung dari Jawa menuju ke Samarinda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *