Pulau Kadidiri, Pantai Cantik Yang Sangat Mempesona di Sulawesi Tengah


Pulau Kadidiri, Pantai Cantik Yang Sangat Mempesona di Sulawesi Tengah – Tempat wisata di Sulawesi Tengah memanglah tidak setenar tempat wisata yang berada di Makassar yang berada di Sulawesi Selatan. Propinsi yang beribukota Palu ini mempunyai lokasi wisata yang malah lebih populer dilapisan wisatawan asing dibanding wisatawan lokal. Tempat wisata itu ialah Pulau Kadidiri. Pulau Kadidiri berada dalam teritori Taman Nasional Kepulauan Togean, yang berada di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah.

Tempat wisata ini dikenali kaya biota laut dan terumbu karang yang sangat jarang dan diproteksi. Karena itu tidak boleh bingung bila banyak wisatawan asing yang ingin nikmati keindahan biota laut yang berada di sana. Selainnya Taman Laut Bunaken, Pulau Kadidiri sebagai salah satunya lokasi wisata yang pas untuk nikmati keindahan laut di Sulawesi. Beberapa kegiatan atau aktivitas yang bisa Anda kerjakan di sini yaitu berjemur di pinggir pantai, melaut, snorkeling, memancing, diving dan trackking rimba tropis yang berada di sana.

Tetapi untuk Anda yang malas snorkeling dan diving, Anda juga bisa nikmati keindahan alam bawah laut dengan mata telanjang. Ini karena air laut di Pulau Kadidiri ini sangat bening dan jernih. Anda cukup jalan sepanjang lima mtr. dari pinggir pantai untuk nikmati keindahan bawah laut dengan mata telanjang. Selainnya terumbu karang, Anda bisa juga menyaksikan ikan beragam warna sama-sama berkejaran, penyu, hiu, dan biota laut yang lain.

Untuk memperoleh beberapa spot terbaik snorkeling atau diving, Anda dapat sewa speedboat yang hendak mengantarkan Anda mendapati beberapa spot terbaik nikmati biota laut. Selainnya beberapa spot diving yang bisa didatangi, di lokasi ini dijajakan beberapa tingkat diving spot. Mulai dari Spot Open Water yang standard sampai Night Dive yang dapat memicu adrenaline beberapa wisatawan. Harga sewa speedboat ini sekitar di antara 300.000 sampai 500.000 Rupiah setiap harinya. Bila ingin mendapatkan harga tambah murah, Anda dapat coba share dengan wisatawan lain.

Salah satunya spot diving yang perlu Anda datangi ialah puing pesawat B 24, yang disebut pesawat sisa Perang Dunia II. Untuk mendapati spot ini, Anda dapat berkendaraan dengan speedboat sepanjang 16 km ke timur laut Pulau Kadidiri. Beberapa puing pesawat ini sebagai rumah untuk bermacam terumbu karang berumur beberapa puluh tahun. Pasti jadi pengalaman yang mengagumkan untuk Anda menelusuri bangkai pesawat monumental ini.

Untuk Anda yang ingin lakukan aktivitas memancing, Anda dapat meminta guide untuk temani Anda ke lokasi pemancingan. Lokasi pemancingan terpopuler yang bisa Anda datangi diantaranya di wilayah Kundurang. Sambil memancing Anda bisa juga nikmati batu-batuan karang dalam laut. Wisata ini populer dengan keindahan gradasi warna air laut yang cantik. Dan untuk Anda yang lebih menyenangi pemandangan hijau rimba, dapat lakukan trackking atau legiatan jalan kaki menjalajah rimba tropis di pulau ini. Trackking di rimba tropis Kadidiri pasti jadi aktivitas yang membahagiakan, karena tumbuhan didalamnya sangat bermacam.

Baca Juga : Keindahan Pulau Kotok, Tempat Camping Asik di Kepulauan Seribu

Selainnya bisa nikmati keindahan bawah laut Pulau Kadidiri, ada lagi satu aktivitas sebagai favorite beberapa wisatawan di sini, yakni bird watching. Di bird watching ini, Anda bisa menyaksikan burung yang berada di lokasi ini. Beberapa macam burung yang jarang-jarang ditemukan di lokasi lain, segera dapat ditemui di sini. Salah satunya burung itu ialah burung elang kepala putih. Burung yang sekarang ini telah termasuk sangat jarang dan diproteksi ini akan gampang ditemui saat mereka terbang melambung tinggi di pinggiran pantai.

Untuk Anda yang ingin habiskan waktu berlibur di Pulau Kadidiri, tak perlu cemas karena di sini banyak tersedia sekali resor dan pemondokan dengan beragam type. Biaya dari tiap-tiap pemondokan dan cottage ini juga berbeda, tegantung dari sarana yang dijajakan. Untuk Anda yang ingin bermalam di cottage pada harga dapat dijangkau, dapat coba Black Marlin Cottage pada harga sewa 200.000 Rupiah per malamnya. Dan untuk Anda yang ingin rasakan bermalam di lokasi yang lebih eksklusif, Kadidiri Paradise Resor ialah pemondokan yang bisa Anda menjadikan opsi. Resor ini mempunyai dek yang bisa Anda menjadikan untuk tempat nikmati keindahan menarik dari Pulau Kadidiri.

Lokasi pulau ini sangat jauh dari kota besar. Perjalanan anda akan memerlukan waktu sekitaran 3-6 jam dari Kota Ampana memakai kapal laut, dan diteruskan dari Wakai ke Pulau Kadidiri sepanjang 30 menit. Untuk jalur perjalanannya anda harus menempuhnya memakai perahu dari dermagadi Ampana, Ibu Kota Kabupaten Tojo Una-Una ke arah Pulau Wakai – Bomba – Kadidiri. Biaya naik perahu ini sekitaran Rp. 30.000-50.000 per-orang dengan memerlukan waktu sekitaran 5 jam. Untuk catatan, kadang perahu ini cuma ingin mengantar sampai di Pulau Wakai saja bila yang ke arah Pulau Kadidiri cuma sedikit.

Dari pelabuhan di Ampana dapat memakai kapal ferry dengan arah Gorontalo dan transit di Pulau Wakai yang cuma pergi di hari Rabu saja setiap minggunya. Biaya naik kapal ferry ini sekitaran Rp. 100.000 per-orang. Bila memakai kapal ferry akan memerlukan waktu semakin lama karena untuk jalur Gorontalo ke Pulau Wakai sendiri memerlukan waktu sekitaran 8 jam. Sesampai di Pulau Wakai bisa sewa perahu yang lain atau speedboat untuk capai Pulau Kadidiri. Lama perjalanan bila memakai perahu sekitaran 1 jam, bila memakai speedboat tentu saja semakin lebih cepat.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *