Pulau Morotai, Keindahan Pulau Mutiara di Bibir Pasifik Indonesia


Pulau Morotai, Keindahan Pulau Mutiara di Bibir Pasifik Indonesia – Morotai berasal dari kata Morotia yang maksudnya tempat tinggal orang- orang moro. Orang moro merupakan manusia misterius ataupun orang lenyap( Jawa- Moksa) yang susah dilihat dengan mata biasa, tetapi memiliki kebudayaan selaku kelompok manusia biasa.

Keindahan Morotai dengan segudang sejarah dari Perang Dunia II buatnya dijuluki selaku,“ Mutiara di Bibir Pasifik”. Kota sangat besar di Morotai merupakan Daruba yang berlokasi di sebelah selatan. Di bagian utara pulau ini berbatas dengan Filipina, di bagian timurnya merupakan Samudera Pasifik.

Dengan total populasi dekat 53. 000 jiwa serta luas dekat 1. 800 km persegi, pulau ini memiliki beberapa pantai dengan pemandangan menawan didampingi oleh rahasia keindahan dasar laut yang menaruh teka- teki. Ya, Morotai memiliki beberapa tempat menyelam menarik yang mampu membuat decak kagum tamu dasar lautnya.

Morotai pada abad ke- 15 sampai abad ke- 16 terletak di dasar kekuasaan Kesultanan Ternate. Portugis pernah singgah di mari namun tidak diterima Kesultanan Ternate serta Halmahera sehingga Portugis juga hengkang. Pulau Morotai lebih populer selaku bagian dari sejarah Perang Dunia II sebab dimanfaatkan Jepang setelah itu direbut Amerika Serikat pada September 1944.

Amerika memakai pulau ini selaku landasan serbuan pesawat saat sebelum mengarah Filipina serta Borneo bagian timur. Ialah basis buat serbuan ke Jawa pada Oktober 1945 yang ditunda sehabis penyerahan diri Jepang pada bulan Agustus.

Penduduk lokal di Pulau Morotai yang masih mengingat Perang Dunai II hendak menceritakan kepada Kamu kalau tahun 1944- 1945 tempat ini ialah posisi pertempuran sengit dari puluhan pesawat tempur yang menderu kala lepas landas serta mendarat di selama Teluk Daruba. Puluhan ribu tentara bertebaran di tiap sudut pulau serta kapal angkatan laut berlabuh bawa pasokan kebutuhan setiap hari tentara.

Baca Juga : Wisata Pulau Bintan, Manjakan Mata dengan Keindahan Pesona Alam Terbuka

Letak Pulau Morotai

Kabupaten Pulau Morotai memiliki luas daerah 4. 301, 53 Km2, dengan luas daratan seluas 2. 330, 60 Km2 serta luas daerah laut sepanjang 4 mil seluas 1. 970, 93 Km2. Panjang garis pantai 311. 217 Km. Jumlah pulau- pulau kecil yang ada di Kabupaten Pulau Morotai berjumlah 33 pulau dengan rincian pulau yang berpenghuni berjumlah 7 pulau serta yang tidak berpenghuni berjumlah 26 pulau.

Dari aspek geografis pulau Morotai memiliki posisi strategis sebab terletak di bibir jalur perdagangan Asia Pasifik. Ada pula batas- batas administrasi yang dipunyai oleh kabupaten ini merupakan, selaku berikut:

  • Sebelah Utara: Samudera Pasifik
  • Sebelah Barat: Laut Sulawesi
  • Sebelah Timur: Laut Halmahera
  • Sebelah Selatan: Selat Morotai

Wisata Pulau Morotai

Keindahan Morotai dengan segudang sejarah dari Perang Dunia II buatnya dijuluki selaku,“ Mutiara di Bibir Pasifik”. Ingin ketahui apa saja wisata primadona yang ditawarkan pulau Morotai?

  • Pulau Dodola

Pulau ini merupakan destinasi ikonik wisata di Pulau Morotai. Pulau Dodola terdiri dari pulau Dodola kecil serta Pulau Besar. Yang buat pulau ini jadi ikonik yakni dikala air pantai lagi surut. Kalian hendak memandang pasir putih terbentang selama 500 m yang menyambungkan pulau Dodola besar serta pulau Kecil.

  • Pulau Mitita

Semacam yang kalian telah ketahui, Pulau ini populer dengan wisata lautnya. Di pulau ini terdapat 28 titik diving yang memiliki keindahan sekalian keunikan masing- masing Bukan cuma aspek terumbu karang yang indah dengan ikan berwarna- warni, tetapi pula terdapat sisa- sisa peperangan Perang Dunia II.

  • Air Terjun Raja

Air terjun raja terletak di desa Raja, Kecamatan Morotai Selatan. Energi tarik air terjun ini sebab dia memiliki 7 tingkatan. Air terjun raja tingkatan ke- 1 ketinggiannya dekat 2 meter

  • Monumen Teruo Nakamura

Nakamura merupakan prajurit Jepang yang kabur ke dalam hutan dikala sekutu melanda Pulao Morotai pada bertepatan pada 15 September 1944. Buat mengenang sejarah Pulau Morotai yang memiliki kedudukan strategis pada Perang Dunia II, pemerintah Wilayah Kabupaten Pulau Morotai mendirikan Monumen Teruo Nakamura.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *