Taman Nasional Bantimurung, Keindahan Kawasan Karst di Sulawesi Selatan

Taman Nasional Bantimurung, Keindahan Kawasan Karst di Sulawesi Selatan – Taman Nasional Bantimurung sebagai wisata Sulawesi Selatan yang telah populer sampai ke luar negeri. Sebuah kawasan sebagai rumah idaman untuk beberapa flora, dan fauna.

Taman Nasional Bantimurung kerap disebutkan sebagai Kingdom Of Butterfly, atau kerajaan Kupu-Kupu. Karena kupu-kupu jadi fauna ciri khas daerah Taman wisata ini, bahkan juga di lokasi itu dibikin khusus museum kupu-kupu.

Tetapi, daya tarik taman ini tidak cuma mengenai keindahan kupu-kupu saja, yang notabene sebagai hewan yang dilestarikan di wisata ini.

Karena, ada banyak daya tarik yang lain sanggup menarik apresiasi beberapa wisatawan dalam negeri, atau luar negeri. Salah satunya:

  • Beberapa ratus Goa, sebagiannya sebagai goa prasejarah.
  • Air Terjun Bantimurung.
  • Helena Sky Bidge.

Sejarah

Cikal akan sejarah Taman Nasional Bantimurung diawali di tahun 1857. Tahun itu jadi tahun awal untuk Alfred Russel Wallace lakukan riset di kawasan Bantimurung.

Alfred Russel Wallace sebagai antropolog terkemukan, bernegara Inggris. Hasil risetnya jadi karena awalnya kawasan Bantimurung disebutkan dengan Kindom Of Butterfly.

Karena ia mempelajari sekitaran 150 spesies kupu-kupu sangat jarang yang berada di kawasan Bantimurung. Hasil penelitiannya jadi pemantik awalnya untuk beberapa periset yang lain untuk tiba ke kawasan itu.

Status sebagai Taman Nasional mulai diputuskan di tahun 2004, persisnya tanggal 18 Oktober 2024. Memang, perlu proses panjang untuk mempunyai status sebagai Taman Nasional, terhitung penelitian yang dalam.

Perlu dikatuhi jika status Taman Nasional jadi benar-benar bisa saja beberapa tempatnya dijadikan tempat wisata, selainnya untuk keperluan ilmu dan pengetahuan.

Taman Nasional Bantimurung mempunyai luas sekitaran 43.750 hektar. Sebagai sebuah kombinasi dari 5 kawasan pelestarian yang telah ada awalnya, salah satunya:

  • Cagar Alam Bulusaraung,
  • Taman Wisata Alam Bantimurung,
  • Taman Wisata Alam Pattunuang,
  • Cagar Alam Bantimurung,
  • Cagar Alam Karaenta.

Taman Nasional paling besar di dunia sekarang ini masih digenggam oleh Taman Nasional Greendland Timur Laut, atau Denmark Greendland Nationalpark yang berada di Denmark.

Baca Juga : Pesona Pulau Samalona, Keindahan Pulau Eksotis di Makassar

Nama Lain Taman Nasional Bantimurung

Seperti object wisata yang lain berada di Indonesia, Taman Nasional Bantimurung mempunyai nama yang lain cukup terkenal dalam masyarakat. Yakni:

  • Kindom Of Butterfly,
  • TN Babul,
  • Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung.

Daya Tarik

1. Kawasan Karst Paling indah, Dan Paling besar Ke 2 Di Dunia

Daya magnet yang pertama ialah kawasan karst yang dengan status sebagai kawasan karst paling indah, dan paling besar ke 2 di dunia, sesudah negara Cina.

Karst ialah kawasan bebatuan sendimen, batu kapur, serta lebih dikenali dengan Batu Gamping. Sekilas memiliki bentuk seperti tebing batu biasa, tetapi perbedaannya lancip, dan mempunyai pori-pori.

Karena wisata ini berada di kawasan karst yang luas, karena itu benar-benar lumrah bila dianugerahkan dengan banyak gua, bahkan juga sebagiannya sebagai gua prasejarah.

Minimal ada 400 gua, dan 89 dideteksi sebagai gua prasejarah. Adapun gua yang terkenal di kelompok wisatawan ialah Gua Mimpi, dan Gua Batu.

2. Air Terjun Bantimurung

Daya magnet seterusnya dari taman ini ialah Air Terjun Bantimurung. Sebuah air terjun yang pas sebagai tujuan wisata keluarga diakhir minggu.

Air Terjun Bantimurung mempunyai ketinggian sekitaran 15 mtr., dan lebar 20 mtr.. Air yang mengucur demikian jernih, lewat batu besar yang agak miring tidak tegak.

Kemudian, airnya ke arah sungai yang kerap dijadikan sarana river tubing. Dari sisi Air Terjun Bantimurung ada sebuah gua yang diperlengkapi dengan tangga untuk ke arah lokasi khusus gua.

3. Wisata Keluarga Yang Nyaman

Daya magnet seterusnya dari Taman Nasional Bantimurung ialah kawasan yang recommended sebagai tujuan wisata keluarga mendidik diakhir minggu.

Hal itu ditunjukkan dengan beberapa sarana, dan sarana yang berada di wisata ini. Salah satunya:

  • Taman cantik yang teratur baik,
  • Pemondokan, atau hotel yang nyaman, ada di ddalam tempat wisata,
  • Museum Kupu-Kupu,
  • Spot selfie intagramable

Lokasi Dan Alamat

Lokasi Taman Nasional Bantimurung berada di tepian 3 kabupaten, yakni:

  • Kabupaten Bone,
  • Kabupaten Pangkep,
  • Kabupaten Maros.

Adapun alamat Taman Nasional Bantimurung ada di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Baros, Propinsi Sulawesi Selatan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *