Telaga Warna Dieng, Melihat Keindahan Danau Cantik di Dieng

Telaga Warna Dieng, Melihat Keindahan Danau Cantik di Dieng – Telaga Warna Dieng sebagai salah satunya tempat wisata eksotik yang berada di Daratan Tinggi Dieng atau Dieng Plateau. Seperti kita ketahui, Daratan Tinggi Dieng banyak memiliki kekuatan alam yang pantas untuk didatangi, sebutlah saja:

  • Sumur Jalatundo,
  • Kawah Candradimuka,
  • Museum Kailasa,
  • Kompleks Candi Arjuna, dan ada banyak kembali yang lain.

Telaga Warna populer akan warna telaga atau danaunya yang unik, konon danaunya dapat berbeda warna. Di tempat Telaga Warna sebetulnya ada banyak telaga atau danau yang lain, yaitu:

  • Telaga Merdada,
  • Telaga Cebong,
  • Telaga Pengilon, dan
  • Telaga Menjir.

Tetapi Telaga Warna mempunyai kelebihan sendiri, hingga beberapa pengunjung yang tertarik akannya. Lokasi wisata unggulan yang ini sempat ditutup beberapa waktu lalu, dampak dari diterapkannya PPKM di daerah itu.

Sekarang ini Telaga Warna telah dibuka lagi, dan bisa kamu datangi. Pengunjung yang tiba harus mematuhi prokes yang sudah diputuskan, dan memperlihatkan kartu vaksin.

Legenda atau Mitos

Legenda atau Mitos akan terciptanya Telaga Warna ini banyak memiliki versus dengan narasi yang bermacam.

  • Legenda yang pertama mengatakan jika Telaga Warna Dieng ini dipercayai sebagai tempat mandinya beberapa bidadari khayangan.
  • Ada juga mitos yang mengatakan Telaga Warna ini tercipta bermula dari sebuah cincin seorang bangsawan yang paling sakti terlontar ke tengah telaga. Di mana peralihan warna telaga dipandang seperti luruhan dari warna cincin itu.
  • Ada juga cerita yang bercerita akan kehadiran seorang ratu bersama putrinya ke Dieng, dan mereka menyaksikan 2 buah telaga. Selanjutnya si ratu beri pujian sebuah telaga yang dibikin dengan seorang kesatria, dan menikahkan putrinya dengan kesatria itu. Ratu dan putrinya benar-benar menyenangi keindahan dari Telaga Pengilon, dan mandi di situ. Pakaian yang mereka simpan terbang tertiup angin, dan jatuh ke telaga yang lain ada di samping Telaga Pengilon. Saat itu juga air telaga itu jadi warna warni, hijau keemasan, biru dan merah.

Dan bila disaksikan secara ilmiah, peristiwa peralihan warna yang terjadi pada Telaga Warna ini disebabkan kandungan sulfur yang tinggi. Hingga memengaruhi warna air telaga bila terserang refleksi cahaya matahari.

Dan proses awalnya terciptanya Telaga Warna Dieng ini disebabkan oleh letusan gunung berapi purba yang terjadi beberapa ratus juta tahun lalu.

Lokasi dan Alamat Telaga Warna Dieng

Lokasi Telaga Warna Dieng ada di kawasan daratan tinggi Dieng, persisnya ada di Dusun Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa tengah.

Jalur Ke arah Telaga Warna Dieng

Akses ke arah Telaga Warna Dieng, bila dilalui dari Yogyakarta akan tempuh sekitaran 3 jam perjalanan dan dari arah Wonosobo akan tempuh jarak kurang lebih sepanjang 25 km.

Kamu tinggal arahkan kendaraan ke arah Daratan Tinggi Dieng, bila akan memakai kendaraan individu yakinkan keadaannya pada kondisi sempurna.

Karena seperti kita ketahui jika akses jalan ke arah Daratan Tinggi Dieng dipenuhi oleh tanjakan dan belokan-belokan yang cukup tajam. Ditambahkan bila sore mendekati malam, jalanan akan diselimuti oleh kabut.

Lokasi parkir kendaraan ada di seberang jalan, jadi saat akan ke arah loket ticket masuk kamu harus seberang jalan lebih dulu.

Jam Membuka

Jam operasional Telaga Warnadibuka tiap hari Senin sampai Minggu, start pukul 08.00 sampai 17.00 waktu di tempat.

Ticket Masuk

Telaga Warna Dieng telah kedengar gemanya sampai ke luar negeri, hingga ticket masuknya juga mempunyai ketidaksamaan yaitu:

Wisatawan lokal bayar Rp. 21.000,- per-orang
Wisatawan asing bayar Rp. 116.000,- pada hari biasa, dan
Rp. 163.000,- diakhir minggu atau hari liburan.

Untuk anak yang berumur di atas lima tahun, harus beli satu ticket.

Oh ya, saat masuk kawasan wisata Daratan Tinggi Dieng, Wonosobo kamu harus bayar ongkos retribusi sejumlah Rp. 10.000,- per-orang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *