Wisata Bale Tani

Wisata Bale Tani Jombang, Belajar Pertanian Menyenangkan

Wisata Bale Tani yakni salah satu agrowisata yang berada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Daerah tamasya ini menawarkan konsep menarik dan edukatif, merupakan bertamasya sekalian belajar pertanian. Sebelum menjadi agrowisata, Bale Tani yakni sebuah sentra pelatihan pertanian untuk para petani desa setempat. Tak cuma pelatihan pertanian, tetapi juga berkebun, peternakan serta penggilingan beras. Lokasi Bale Tani ini berada ditengah zona persawahan warga dan bermacam-macam sentra pelatihan hal yang demikian telah diawali semenjak tahun 2006 alltempatwisata.com.

Wisata Bale Tani Jombang, Belajar Pertanian Menyenangkan

Dengan potensi dan sumber kekuatan yang mendorong, pada tahun 2017 Bale Tani berubah menjadi agrowisata. Padahal telah menjadi agrowisata, pelatihan pertanian di Bale Tani masih konsisten berjalan. Dan pengelola agrowisata ini yaitu gabungan klasifikasi tani yang ada disana.

Sebagai tamasya edukasi, pelancong akan lebih mengetahui serta merasakan bermacam-macam hasil pertanian dari bermacam-macam teknik. Seperti teknik holtikultura, budidaya ikan air tawar, bertani disawah sampai peternakan.

Kecuali sebagai tamasya edukasi, Bale tani juga dihasilkan sebagai daerah rekreasi keluarga. Pelancong akan disuguhkan dengan bermacam-macam tanaman-tanaman menawan, tanaman buah sampai tanaman hias. Tersedia bermacam-macam titik foto menarik serta terdapat kolam renang. Daerah tamasya untuk bersantai, bermain sambil merasakan suasana alam yang asri dan natural.

Domisili Bale Tani Jombang

Jalan Dokter Soetomo, Serning, Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur., Indonesia.

Jam Buka
Buka tiap Hari. 08.00 WIB – 16.00 WIB.
Harga Karcis Masuk
Karcis Masuk : Rp.10.000,-
Karcis masuk berlaku dari umur 2 tahun.

Rute ke Bale Tani Jombang

Dari arah sentra kota Jombang : Ambil arah ke Mojokerto – Berikutnya berbelok ke arah Banjaragung, Kecamatan Bareng. Waktu tempuh perjalanan dari sentra kota Jombang menuju lokasi tamasya Bale Tani smembutuhkan waktu sekitar 30 menit.
Dari ari arah Surabaya : Menuju ke sub terminal Mojoagung – Belok kiri menuju jalan Wonosalam – Lurus terus sampai menemukan pertigaan Mojoduwur – dari pertigaan Mojoduwur belok kanan – Kurang lebih sekitar 15 menit dari pertigaan anda telah hingga di wilayah lokasi tamasya Bale Tani.
Transportasi
Masuk menuju lokasi Agrowisata Bale Tani Jombang jalannya cukup berteman. Anda dapat menempuh lokasi tamasya dengan memakai kendaraan roda dua mauapun roda empat.

Ada Apa di Wisata Ini

Bale Tani yakni sentra pelatihan pertanian, peternakan, perkebunan dan penggilingan beras. Dengan potensi yang dimilikinya Bale Tani berubah menjadi agrowisata. Kecuali tamasya edukasi, Bale Tani juga sebagai daerah rekreasi keluarga dilengkapi dengan bermacam-macam titik dan wahana menarik.

Setiap menarik dari Bale Tani yaitu pemberian nama untuk daerah atau titik yang ada disana. Tiap-tiap daerah dikasih nama bale, yang artinya balai atau daerah pertemuan. Tiap-tiap bale yang ada mempunyai keunikan dan fungsi tersendiri.

Bale Ageng

Umumnya dari Bale Ageng yang mempunyai arti balai besar. Sebuah ruangan berbentuk pendopo untuk aktivitas atau acara outdoor. Selanjutnya di bale ini kerap diselenggarakan acara musik tiap akhir minggu.

Disamping Bale Ageng tersedia sebagian meja bangku dan payung taman. Meja hal yang demikian dapat diterapkan pengunjung merasakan kebun sekalian menyaksikan aksi di pentas. Bale Ageng dapat disewa untuk biasa dengan kapasitas 100 orang.

Bale Kempal

Berikutnya yaitu Bale Kempal yang artinya balai kumpul atau daerah untuk berkumpul. Bale Kempal ini sifatnya indoor dan awam diterapkan untuk workshop, seminar atau meeting.

Bale Kempal lokasinya berada di sebelah pintu masuk karcis pembayaran. Bale Kempal ini dibangun dari dana hibah negara Jepang sebagai wujud apresiasi terhadap pengelola.

Bagian sewa Bale Kempal Rp.600.000,- / 3 jam. Dengan kapasitas maksimum 30 orang.

Bale Alit

Bale Alit artinya balai kecil. Bale Alit ini lebih diperuntukan sebagai zona bermain si kecil-si kecil. Berbentuk rumah pohon dan lokasinya diatas batang pohon buatan. Biaya bawah batang pohon terdapat pintu tiruan berukuran kecil.

Bale Bengo

Bengo artinya bersuara keras atau berteriak. Sehingga Bale Bengo yang dimaksud artinya sebagai daerah berdendang Wisata Bale Tani Jombang atau sarana karaoke. Bale Bengo ini lokasinya bersebalahan dengan Bale Alit. Bagian memakai Bale bengo ini cukup relatif murah. Untuk mencoba sarana ini pengunjung dapat lantas menghubungi petugasnya.

Bale Pijat

Di Bale Pijat ini pengunjung akan dimanjakan dengan mesin pijat eletronik.
Bengong artinya melamun. Bale Bengong berfungsi sebagai daerah untuk bersantai atau menyendiri. Bale ini berupa kolam ikan dan disekelilingnya tersedia sebagian gazebo.

Bale Batik

Agrowsata Bale Tani juga menyediakan sebagian pondok untuk pelancong yang berharap beristirahat. Pondok hal yang demikian bernama Bale Batik.
Bale Batik menyediakan pondok berupa kamar-kamar ruangan untuk beristirahat. Bangunan pondok yang terbuat dari kayu dan anyaman bambu. Sebuah pondok dengan konsep suasana khas pedesaan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *