Wisata Curug Sodong, Keindahan Alam Tersembunyi di Geopark Ciletuh


Wisata Curug Sodong, Mengintip Keindahan Alam Tersembunyi di Geopark Ciletuh – Sukabumi makin memperlihatkan keberadaannya di bagian pariwisata, ditambah dengan ada Geopark Ciletuh Dermaga Ratu yang memiliki banyak tempat wisata yang memikat buat dikunjungi. Seperti pantai, air terjun atau curug, dan bukit yang cantik.

Satu diantaranya adalah Curug ini yang berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Sukabumi. Curug Sodong masih satu teritori dengan Curug Cikanteh . Maka kamu bisa menikmati 2 buah curug pada sebuah tempat.

Agar bisa menikmati Curug ini, kamu tidak perlu lakukan perjalanan yang meletihkan. Berikut pembahasan komplet berkenaan Curug Sodong.

Daya Tarik Keindahan Curug Sodong

Keindahan Curug Sodong dapat kamu tonton saat kamu masih ada di tempat parkir. Curug ini memiliki dua saluran air terjun, karena itu kerap disebutkan Curug Kembar.

Curug Sodong memiliki ketinggian sekitaran 20 mtr., saluran airnya datang dari Curug Cikanteh yang berada pada bagian atas. Bila debet air banyak karena itu saluran airnya jadi satu, berikut yang mendasari penyebutan Curug Pengantin.

Curug Sodong terdiri dari 2 kata yaitu Curug dan Sodong. Curug yang memiliki arti air terjun dan Sodong maknanya cengkungan goa. Bila kamu lihat dengan cermat di bawah tebing curug ada cengkungan yang seperti sebuah goa.

Saluran air yang disalurkan cukup deras, hingga memunculkan suara yang paling menangi. Mengucur lewat tebing batu yang banyak beberapa tanaman.

Di bawah saluran Curug ini ada sebuah kolam alami yang siap memuat curah airnya. Tetapi bila musim penghujan datang airnya akan beralih menjadi kecoklat-coklatan, karena bersatu dengan tanah.

Disekelilingnya ada sebuah pohon yang besar, kamu bisa duduk di bawah pohon sambil menikmati keindahan Curug Sodong.

Baca Juga : Pink Beach: Pantai Yang Cantik dan Unik Di Pulau Komodo

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk yang dibandrol untuk beberapa pengunjung sangat dapat dijangkau. Kamu perlu bayar sekitaran 3.000 rupiah per-orang, dan ongkos parkir kendaraan sekitaran 3.000 – 5.000 saja.

Setelah itu, kamu dapat masuk langsung ke tempat curug dan menikmati cantiknya deruan air terjun dan situasi yang sejuk disekitaran kawasan Curug ini.

Fasilitas

Meskipun masuk ke destinasi wisata alam, Curug Sodong memiliki bermacam sarana yang lumayan komplet karena curug ini masih satu tempat dengan Curug Cikanteh.

Beberapa pengunjung dapat duduk rileks di Gazebo yang disiapkan, sambil menikmati panorama alam dan panorama curug yang menarik.

Lokasi Curug Sodong

Buat kamu yang ingin tahu, Curug Sodong berada di Komplek Geopark Ciletuh, Ciemas, Kec. Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang dapat kamu incar memakai kendaraan roda 2 atau 4.

Mitos dan Mistis Curug Sodong

Selainnya cantik, Curug Sodong populer akan Mitos dan rahasianya. Dari narasi yang berkembang dalam masyarakat, dulu tempat ini pernah jadi tempat mengetes pengetahuan kanuragan seorang. Mereka yang hendak mengetes ilmunya akan menggunting badannya jadi bagian-bagian selanjutnya dihanyutkan dari pucuk air terjun. Bila potongan badan berpadu kembali sesudah capai dasar air terjun karena itu pengetahuan yang didalami prima.

Mitos ke-2 , sepasang pacar yang belum sah menikah dilarang untuk berenang di danau kecil yang airnya mengambil sumber dari Curug Sodong. Bila mitos ini dilanggar karena itu pasangan itu akan mati terbenam. Ini sempat terjadi pada sekitaran tahun 2000-an, sepasang pacar yang coba berenang di danau Curug Sodong mendadak lenyap, sesudah penelusuran sekian hari diketemukan di bawah curug dengan keadaan wafat.

Yakin atau mungkin tidak, ke-2 mitos ini masih keras kedengar di kelompok masyarakat Ciletuh, Sukabumi. Walau cukup sedikit tidak logis, sebaiknya ikut patuhi mitos itu, selainnya untuk menghargai keyakinan warga lokal, untuk jaga keselamatan dan keamanan diri kita.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *