Wisata Hutan Mangrove di Indonesia Paling Cantik

Wisata Hutan Mangrove

Wisata Hutan Mangrove termasuk salah satu sumber kekuatan alam yang berpotensi sebagai liburan alam. Potensi itu telah mulai dimaksimalkan untuk memajukan pariwisata Indonesia. Indonesia punya Wilayah hutan mangrove yang disulap sebagai liburan alam dan dibuka untuk awam. Liburan hutan mangrove menyuguhkan estetika alam yang apik. Pengunjung dapat menelusuri sungai yang membelah hutan bakau. Udara yang asri menambah kekuatan Tarik liburan hutan mangrove alltempatwisata.com.

Liburan di Wisata Hutan Mangrove

Berikut ini lima destinasi liburan hutan mangrove di Indonesia yang wajib dikunjungi:

1. Hutan Mangrove Tarakan, Kalimantan Utara

Pulau Kalimantan punya hutan mangrove yang diciptakan sebagai destinasi liburan. Tepatnya di Tarakan. Diberitakan dari website Kemenparekraf, luas hutan mangrove di utara Kalimantan ini menempuh 21 hektare. Tidak main-main, hutan ini menjadi rumah bagi beraneka variasi tanaman bakau. Hutan Mangrove di Tarakan sebagai paru-paru kota Tarakan karena letaknya yang dekat dengan tempat pesisir.

Baca Juga : Kepulauan Anambas, Destinasi Wisata Surga Tersembunyi di Riau

Liburan ini dibuka mulai pukul 9 pagi sampai 5 petang. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena pengunjung cuma perlu membayar Rp5 ribu saja.

2. Taman Liburan Alam Angke Kapuk, Jakarta

Wilayah liburan satu ini didominasi oleh pohon-pohon mangrove. Tidak sedikit, luasnya menempuh 99,82 hektare. Lokasinya berada di kelurahan Kamal Muara, bersebelahan dengan wilayah Pantai Cantik Kapuk.

Taman ini sejatinya ialah wilayah konservasi alam mangrove yang dimanfaatkan sebagai destinasi pariwisata dan rekreasi alam. Wilayah ini jadi habitat dan rumah bagi sebagian satwa liar.

Di samping itu, ada pula lahan tenda yang ditawarkan untuk pengunjung yang berkeinginan bermalam atau berkemah.

3. Hutan Mangrove Karimunjawa, Jawa Tengah

Tidak cuma punya pantai yang indah berikut pesona bawah laut yang kaya, Karimunjawa juga punya destinasi liburan hutan mangrove. Pengunjung dapat melaksanakan trekking di atas trek jalur kayu sepanjang 1,3 kilometer.

Berjarak sekitar 700 meter, pengunjung akan menemukan menara tinggi. Dari sana, pengunjung memperhatikan keseluruhan zona hutan bakau Karimunjawa. Bonusnya, pengunjung dapat memperhatikan Pulau Cemara Besar, Pulau Menyawakan, serta Pulau Cemara Kecil.

4. Hutan Mangrove Kulonprogo, DIY Yogyakarta

Berada di Kabupaten Kulonprogo, hutan mangrove terpampang memanjang dari timur ke barat. Keberadaannya berdampingan dengan sungai yang satu muara dengan Sungai Bogowonto di Pantai Congot.

Apabila berkunjung ke Wilayah ini, pengunjung bisa merasakan trekking di jembatan bambu yang berada di atas air. Spot ini juga jadi titik foto bagi pengunjung. Setidaknya ada empat jembatan yang melintang di atas sungai.

5. Hutan Mangrove Bedul, Jawa Timur

Wilayah hutan mangrove satu ini masih termasuk ke dalam zona Taman Nasional Alas Purwo. Hutan ini menjadi habitat bagi satwa seperti simpanse, bangau, elang laut, belibis, sert biawak. Pengunjung bisa menelusuri hutan mangrove.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *