Wiisata Kelabba Maja

Wisata Kelabba Maja, Keindahan Surga Wisata Tersembunyi di NTT

Wisata Kelabba Maja, Keindahan Surga Wisata Tersembunyi di NTT – Terik matahari seakan memperjelas keindahan Kelabba Maja yang mempesona. Keunikannya betul-betul membuat kagum orang yang melihatnya. Tidak seperti bukit yang lain, bukit-bukit Kelabba Maja mempunyai warna yang demikian indah. Garis-garis berwarna seakan sebagai hasil cat warna. Tidak boleh salah, warna indah Kelabba Maja sebagai peristiwa alam lukisan Tuhan.

Warga sering menyamainya dengan keindahan Painted Hills di Oregon Amerika Serikat. Tetapi Kelabba Maja punyai narasi dan keunikannya sendiri. Warga di tempat yaitu masyarakat dusun Gelanalalu yakin Kelabba Maja sebagai singgasana beberapa dewa. Ada tiga batu besar yang dipercaya sebagai tempat penyembahan untuk beberapa dewa.

Tidak cuma untuk destinasi wisata yang memikat, Kelabba Maja jadi tempat keramat oleh warga Pulau Sabu Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sesuai namanya, Kelabba disimpulkan sebagai tanah abu, dan Maja memiliki arti dewa. Batu besar yang membubung dengan tinggi mtr. berikut yang dipercayai sebagai singgasana beberapa dewa.

Kelihatan unik, skema bebatuan yang membubung ini di atasnya ada batu besar. Terlihat beberapa pilar batu warna merah muda dengan pucuk berwujud serupa jamur warna merah tua. Seakan batu ini ditaruh oleh manusia dengan menyengaja. Tapi kebalikannya, batu besar dan pilar batu dengan tinggi 3 mtr. ini tercipta dengan alami tanpa terlibat manusia.

Karena sangat sakralnya, beberapa pengunjung tidak dikenankan untuk memanjat bukit batu itu. Warga di tempat punyai larangan sendiri sepanjang ada di Kelabba Maja. Pengunjung dianjurkan cuma menikmatinya dari bawah atau segi bukit Kelabba Maja.

Selainnya tidak dikenankan mendaki bukit singgasana dewa, ada larangan lain untuk pengunjung saat ada di Kelabba Maja. Mereka tidak dikenankan untuk berbicara kotor. Disamping itu, beberapa pengunjung harus berlaku baik, digunakannya selendang tenun Tabu yang dipercayai jadi penjaga dari masalah arwah jahat.

Bahkan juga tiap bulan Juli, warga teratur lakukan adat pemotongan hewan yang mempunyai tujuan supaya tempat itu diberi keamanan dan kesuburan.

Kelabba Maja mempunyai tebing berukir indah warna gradasi merah marun, pink, coklat, dan kelabu itu. Kelabba Maja mempunyai keunikan tebing berwujud tabung dengan gradasi warna merah kebiruan.

Baca Juga : Air Terjun Leke-Leke, Keindahan Wisata Alam Tersembunyi di Hutan Bali

Selainnya disetarakan dengan Painted Hills di Amerika, Kelabba Maja kerap dipanggil sepotong Mars di Indonesia. Bila panas terik menusuk, batu-batuan beragam warna di Kelabba Maja dikuasai oleh warna cokelat jelas. Kering kerontang serupa daratan di Planet Mars. Seringkali warga mengatakan serupa Grand Canyon di Arizona. Tetapi punyai bebatuan beragam warna bak surga tersembunyi di dunia.

Betul saja, cuma ada satu tipe tumbuhan semak yang sanggup bertahan di dalam permukaan bukit Kelabba Maja. Tanaman berduri yang tidak membutuhkan air yang banyak.

Bagian-bagian batu di Kelabba Maja tersusun oleh bebatuan yang ringkih. Ini harus jadi perhatian untuk beberapa wisatawan supaya lebih waspada melangkah kaki di tempat Kelabba Maja.

Kelabba Maja mempunyai geomorfologi petrografis yang unik dan sudah tercipta sepanjang juta-an tahun. Proses ini mengakibatkan terciptanya beragam tipe batu. Beberapa susunan itu ialah bebatuan pasir merah dan deposit mineral yang berwujud seperti susunan untuk susunan.

Lokasinya benar-benar tersembunyi dan ada dekat pantai selatan Pulau Sabu, benar-benar susah untuk pengunjung capai lokasi itu tanpa pemandu dari masyarakat Pulau Sabu. Perjalanan dari Seba menuju ke Kelabba Maja dilakukan sekitaran 1,5-2 jam.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *