Wisata Tangkuban Perahu

Wisata Tangkuban Perahu, Kawah dan Gunung Indah di Priangan

Wisata Tangkuban Perahu, Kawah dan Gunung Indah di Priangan – Gunung Tangkuban Perahu ialah salah satu obyek liburan paling populer di Bandung. Zona Gunung dan Kawah Tangkuban Perahu memang menawan. Kecuali itu gampang dijangkau pengunjung. Tempatnya cukup unik lho. Anda dapat segera merasakan estetika kawah Tangkuban Perahu dari daerah parkir kendaraan beroda empat. Tak perlu mendaki lebih-lebih dahulu alltempatwisata.com.

Jikalau bertamasya ke Bandung, rasanya ngga komplit seandainya tak mengunjungi Tangkuban Perahu.

Domisili Tangkuban Perahu

Rumit liburan kawah Gunung Tangkuban Perahu berada di perbatasan Bandung Barat dengan Subang, kurang lebih 30 KM dari sentra kota Bandung. Zona Taman Tamasya Tangkuban Perahu beberapa masuk ke kawasan kabupaten Subang dan Bandung Barat.

Jalan Ke Lokasi Tangkuban Perahu

Dari Bandung, arahkan kendaraan ke jalan Bandung – Lembang. Berikutnya arahkan ke jalan Ciater-Subang. Anda dapat menemukan gerbang masuk TKB Perahu di sebelah kiri, ideal sesudah hutan pinus Cikole.
Dari Subang, arahkan kendaraan ke Jalan Cagak Subang, lalu belok ke arah Ciater – Lembang. Ikuti terus jalan ini, Gerbang masuk TKB Perahu dapat anda dapatkan di sebelah kanan.
Jalan dari Bandung hingga ke lokasi telah baik. Kecuali itu gampang di ikuti. Dengan mengaplikasikan peta Google Maps, anda dapat dengan gampang menempuh tujuan.

Jarak dari gerbang masuk hingga ke zona kawah masih cukup jauh, sekitar 4 KM.

Transportasi Awam

Jikalau mengaplikasikan kendaraan awam, anda dapat naik angkutan kota Stasiun Hall – Lembang stop di terminal Lembang. Berikutnya di sambung dengan angkutan kota Lembang – Cikole .

Opsi lainnya ialah dengan naik elf atau angkutan sejenis ke arah Subang dari terminal Ledeng di Jalan Setiabudhi Bandung, atau dari terminal Lembang.

Jikalau mengaplikasikan Bis (rombongan liburan), tak dapat parkir segera di zona parkir kawah. Melainkan, seharusnya parkir di terminal khusus. Dari sana, pengunjung dapat mengaplikasikan angkutan Wara-wiri, atau berjalan kaki menuju ke kawah.

Jarak dari daerah parkir bis ke kawah cukup jauh dan menanjak. Jadi lebih bagus gunakan wara-wiri saja (ada ongkos tambahan per orang).

Aku pikir kurang nyaman seandainya mengaplikasikan transportasi awam ke Tangkuban Perahu, sebab tak ada angkutan awam yang rutin mengangkut penumpang dari gerbang masuk ke zona kawah. Akan lebih nikmat kalau mengaplikasikan kendaraan pribadi atau sewa.

Zona kawah yaitu tenaga tarik utama di daerah liburan di Bandung ini. Di Tangkuban Perahu, terdapat sebagian kawah yang dapat anda kunjungi.

Kawah Ratu
Kawah Ratu yaitu kawah utama di sini. Ukurannya luas sekali dan dapat dikatakan obyek liburan utama dari rumit liburan Tangkuban Perahu. Anda dapat segera memarkir kendaraan di bibir kawah, jadi tak perlu berjalan jauh untuk menuju lokasi.

Kawah Ratu mempunyai kedalaman sekitar 500 meter. Formatnya mirip mangkok raksasa. Kawah Ratu meletus terakhir kali pada tahun 2019.

Jikalau berkeinginan merasakan suasana yang lebih hening, atau berkeinginan sekadar ngopi santai sambil merasakan panorama bibir kawah, anda dapat berjalan menuju ke zona sebelah kanan di Kawah Ratu.

Suasana disana jauh lebih hening. Kecuali itu terdapat banyak toko dan kursi dipinggir kawah untuk daerah anda ngopi dan rehat.

Jalan disana cukup unik lho (instagrammable). Anda dapat menemukan jalan dengan naungan pohon-pohon rindang berwarna hitam di kiri kanan. Jikalau mujur, dapat mengamati sebagian ekor lutung liar di sekitar sini.

Kawah Upas

Kawah Upas berukuran lebih kecil, lokasinya berada dibagian atas dari Kawah Ratu. Jaraknya kurang lebih 1.5 KM dari Kawah Ratu. Anda dapat mengaplikasikan jalan di zona kanan untuk menuju ke sini.

Kawah Upas mempunyai hamparan pasir putih, dengan air kebiruan. Tetapi sayangnya pengunjung dilarang untuk turun, sebab masih membahayakan.

Cikahuripan

Cikahuripan yaitu sumber air di Tangkuban Perahu yang diandalkan bermanfaat. Lokasinya sedikit masuk ke hutan, anda seharusnya berjalan meniru jalan setapak sebagian ratus meter dari gerbang kawah upas.

Cikahuripan sering kali dikunjungi Wisata Tangkuban Perahu oleh orang-orang dengan niatan/kepercayaan tertentu.

Kawah Domas

Sebenarnya, di zona tangkuban perahu juga terdapat kawah lain yang sesuai untuk dikunjungi, adalah Kawah Domas. Di Kawah Domas terdapat sebagian kolam air panas natural dengan kandungan sulfur tinggi.

Anda dapat berendam lumpur sulfur, di sebagian kolam yang basah hangat. Atau, merebus telor di kolam dengan air yang panas.

Jikalau tertarik menuju Kawah Domas, direkomendasikan untuk menuju lokasi dari gerbang khusus Kawah Domas. Lokasinya sekitar 1 KM sesudah gerbang masuk TWA Tangkuban Perahu (berlokasi sebelah kanan jalan).

Jikalau Wisata Tangkuban Perahu dari Kawah Ratu anda seharusnya jalan menuruni tangga cukup jauh, dan terpaksa naik lagi tangga hal yang demikian dikala pulang. Lumayan lho, anda akan mencapai kurang lebih 1 KM turun naik tangga kalau menuju Kawah Domas dari zona Kawah Ratu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *